Apakah Petani Kopi Masih Salah


Kopi Lampung barat/ Foto Jagadku.com

Jagadku.com - Lampung Barat adalah tempatnya kopi, namun hal yang masih Memprihatinkan adalah kopi lampung masih belum diakui dunia bahkan nasional pun belum dari segi kualitas.

Dan untuk kesejahteraan para petani kopi di Lampung Barat belum bisa dirasakan, karena masih mempunyai banyak kendala yang belum ada formula yang jitu untuk mengatasinya.

Mulai dari  kendala harga yang tidak memihak kepada petani, besarnya biaya pemeliharaan dan perawatan tanaman kopi sehingga kegiatan pinjam modal kepada tengkulak dengan konsekuensi menjual hasil kopi kepada tengkulak yang telah meminjami tersebut disaat panen tiba,  dan pemetikan biji kopi yang belum merah karena terdesak kebutuhan ekonomi dan Faktor cuaca. 

Selain itu juga ternyata masih banyak mafia kopi dalam hal jual beli partai besar, yang mengedepankan Keuntungan tanpa menghiraukan kualitas kopi tersebut.


Seperti Informasi yang didapatkan Jagadku.com bahwa petani kopi dari tingkat petani sudah menjual hasil taninya dengan kualitas bagus,  namun ada Oknum Tengkulak besar yang nakal dengan mencampur hasi kopi bagus dengan kopi yang buruk. (jose) 
Apakah Petani Kopi Masih Salah Apakah Petani Kopi Masih Salah Reviewed by Unknown on 7:02 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.